Bibit Manggis

Rp 27.000

Agar manggis dapat berkembang dan bisa menghasilkan buah dengan kualitas terbaik, maka ada beberapa faktor yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Dengan telah mengetahui syarat tumbuh dari manggis, maka hasilnya berkualitas. Syarat tumbuh manggis adalah:

1.  Perhatikan Iklim

Pada saat menanam, Anda harus pastikan bahwa iklim di daerah Anda tersebut memiliki angin yang tidak terlalu kencang. Alasannya adalah karena akan menganggu penyerbukan. Iklim yang tepat adalah yang bertemperatur antara 22 – 32 derajat.

2.  Media Tanam

Menanam manggis sebaiknya dilakukan pada tanah pegunungan atau yang subur. Dan pastikan ada kandungan organik pada tanahnya agar pertumbuhan lebih baik. Selain itu, keasaman tanh juga harus berkisar antara 5 -7 pH.

3.  Ketinggian Tempat

Selain iklim dan tanah, ketinggian tanah juga harus menjadi perhatian. Daerah yang terlalu tinggi akan banyak angin dan suhu rendah, sedangkan dataran rendah cenderung panas. Ketinggian yang ideal adalah sekitar 500 diatas permukaan laut.

Teknik Menanam Manggis yang Tepat

Agar permintaan buah manggis dari dalam dan mancanegara terpenuhi, maka teknik budidaya petani harus ditingkatkan. Maka dari itu, informasi mengenai pertanian sangat dibutuhkan. Sehingga jika Anda ingin tahu, ini adalah teknik tepat untuk panen melimpah.

1.   Pembibitan

Teknik pertama adalah soal pembibitan buah manggis dari bijinya. Biji yang tepat adalah yang memiliki berat sekitar 1 gram dengan daya kecambah minimal 75%. Sebelum menanamnya, petani perlu merendam biji di air bersih selama seminggu.

Pembibitan juga harus dilakukan dengan teknik menanam manggis yang tepat, yaitu menanamnya di lubang berukuran 10 x 10 cm dengan jarak masing-masing benih sekitar 3 cm. Penyiraman benih juga dilakukan rutin selama dua kali dalam sehari.

2.   Pengolahan Media Tanam

Pengolahan tanaman manggis ini juga harus dilakukan di tanah yang subur. Sebelum menanamnya, pastikan tanah tersebut sudah dibajak guna menghindari bongkahan tanah yang terlalu besar.

Pada saat penanaman juga berbeda dengan yang saat pembibitan. Pada tahap menanam, jarak yang tepat dalam teknik menanam manggis adalah sejauh 10 m. Tanah tersebut juga harus rajin dipupuki dengan pupuk urea dan jenis pupuk lainnya.

3.  Teknik Penanaman

Teknik selanjutnya adalah soal penanaman benih tersebut. Tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan agar hasilnya memuaskan. Cara penanamannya juga harus memastikan tanah yang akan digunakan sudah dikeringkan selama 15 hingga 30 hari.

Anda juga harus memperhatikan tanaman manggis ini dengan cara memotong akar yang terlalu panjang. Jika sebelum menanam tanah harus kering, setelah benihnya masuk, tanahnya harus tetap lembab. Kandungan air akan bantu pertumbuhan.

Manggis merupakan buah yang sangat banyak peminatnya. Hanya saja masih sangat sedikit jumlah petani yang bisa menanam manggis dengan baik. Maka dari itu, teknik menanam manggis dan persyaratan pada saat menanam buah ini diperlukan agar hasilnya juga baik.